recherché! #20

Halo! Saya telah menepati kesepakatan untuk rekomendasi lagu dua sampai tiga bulan sekali, yakan. Hahaha. Dirasa-rasa ini keputusan yang baik karena saya juga perlu meluangkan waktu untuk semua informasi yang saya tulis. Bagi kamu yang tengah kerja di rumah, pun masih kegiatan di luar dan butuh lagu-lagu yang kiranya belum pernah kamu dengar untuk nemenin aktivitas kamu yang barangkali mulai membosankan, boleh, lho, coba dengar lagu-lagu yang saya rekomendasi. Selain itu, saya berharap semoga kita diberi kesehatan dalam situasi seperti ini, ya. Semoga kita masih bisa bertemu di tulisan-tulisan saya selanjutnya. Jaga kesehatan, semuanya. :)

1. Emme - Wake /BIRP!

Source: https://emmetheband.bandcamp.com/
Emme merupakan duo musik yang terdiri dari Sowmya Somanath dan Walter Nichols. Berbasis di Austin, Texas dan terbentuk pada tahun 2016 dengan mengusung musik alternative electro-pop. Saat mereka duduk di bangku perkuliahan, mereka menyadari bahwa selera musik mereka begitu mirip, juga kenyataan mereka adalah penggemar berat dari Thom Yorke. Seperti diakui Sowmya, musik-musik yang mereka buat terinspirasi dari Radiohead, Sylvan Elso, Bjork, dan Grimes. Sedang untuk nama Emme diakui mereka terinspirasi dari tokoh fisikawan asal Jerman, Emmy Noether. "Realisasi Noether memproyeksikan ide yang gak terwujud ke dalam ruang nyata, layaknya proses juga perasaan Sowmya dan Nichols saat mereka menciptakan musik dan tampil bersama." Keren, ya. Bagaimana sebuah nama bisa begitu bermakna.
Wake merupakan track dari album Superfluid yang rilis akhir tahun 2019. Selain Wake, saya juga suka Motioncure.

2. Matt Maltese - Rom-Come Gone Wrong /BIRP!

Source: https://www.thelineofbestfit.com/reviews/albums/matt-maltese-krystal-album-review
Rom Come Gone Wrong merupakan track pertama dari album kedua Matt Maltese, Krystal (2019). Cowok yang berbasis di London ini mengaku, album ini berbeda dengan album debutnya sebab pada album ini ia memproduseri sendiri musiknya, "rather than just a demo which I finished with someone later," akunya. Album ini berisikan lagu-lagu cinta dengan sentuhan musik balada yang smooth dan dreamy, salah satunya pada lagu Rom-Come Gone Wrong ini.

3. Tram Cops - Love is All Around /Bandcamp

Source: https://tramcops.bandcamp.com/
Tram Cops merupakan proyek dari musisi asal Melbourne, Michael Vince Moin. Love is All Around adalah track dari album ketiganya, California Way (2019) dengan memilih California Way sebagai single utamanya yang juga saya suka. "My new record California Way is a big homeage to the spirit of pop in the 60's and the 80's. I don't know what happened in the 70's, but if Big Star weren't around then. I'd cancel the whole decade," aku Michael. Hahaha. Brengsek juga.
Pada wawancaranya, Michael juga menyatakan, "I wanted to make a record that you could listen to and enjoy in whatever mood you found yourself in." Well, bagi saya apa yang diinginkan Michael juga saya rasakan saat saya mendengar album ini.

4. fuvk - panic (it's okay) /Bandcamp

Source: https://fuvk.bandcamp.com/
Awalnya, fuvk merupakan sebuah laman yang dibentuk tahun 2016 di Bandcamp, berisikan musik-musik akustik ala rumahan dari seorang perempuan yang gak diketahui siapa sampai tahun 2019. Shirley Zhu (fuvk) mengaku dirinya hanya membuat musik rumahan layaknya jurnal yang diungkapkan melalui lagu-lagu ala lofi-bedroom pop. Maka dirinya lumayan terkejut saat musiknya jadi didengar orang banyak. Nama fuvk sendiri tercetus sesaat teman Shirley mengirimkan pesan dengan ketikan yang salah, F word menjadi fuvk tepat saat Shirley tengah membuat laman di Bandcamp. "I thought it'd be a funny URL and didn't think anyone would take an interest." Hahaha. Shirley salah, justru saya (dan saya rasa orang lain) tertarik untuk mendengar musiknya sebab nama yang tertulis. Hahaha.
panic (it's okay) merupakan satu dari empat track dari EP yang pertama dirilisnya di Bandcamp tahun 2016. Dengan alunan gitar akustik, lagu ini menyuarakan tentang perasaan-perasaan yang rasanya sulit dijelaskan, pikiran-pikiran yang membuat kita terjaga malam hari. Panic, but it's okay. :)

5. Lonely God - Marlboro Nights

Source:https://lonelygodd.bandcamp.com/
Kali pertama saya dengar Marlboro Night dari sebuah video TikTok. Lagunya fun banget dan cukup terngiang-ngiang di kepala. Hahaha. Lagu ini punya durasi satu menit di Bandcamp sedang di kanal Youtube pribadinya memiliki durasi tambahan hingga 2 menit. Hingga baru-baru ini, bekerja sama dengan Pizzaslime x Finally Offline, cowok yang berbasis di Baltimore, Maryland ini merilis video musik terbaru melalui kanal Youtube-nya. Namun, nampaknya banyak orang yang sedikit kecewa sebab alih-alih 2 menit, video tersebut justru kembali ke versi awal yang mana hanya 1 menit-an. Hahaha. Lagu ini menyenangkan, hingga rasa-rasanya satu menit tidaklah cukup.

CONVERSATION

2 Comments:

  1. Replies
    1. saya belum pernah beri perhatian pada lagu-lagunya. nanti kalau sudah suka, mungkin ya. :)

      Delete