recherché! #15

Halo! Seperti bisa kamu lihat pada tulisan-tulisan terakhir saya di sini, belakangan saya sedang senang-senangnya bedah makna lagu. Bulan Februari saya lewati untuk bagian rekomendasi lagu ini. Maka dari itu, saya tidak mau berlama-lama, terlebih banyak lagu bagus yang rasanya sayang bila saya simpan sendiri.

1. Diskret - Odes /WOGN

Source: https://diskret.bandcamp.com
Ini kali ketiga saya rekomendasi lagu instrumental, setelah sebelumnya lagu When People Come Together milik Utah dan ppp milik PAVANE. Lagu ini punya durasi yang cukup panjang, 7:17 menit. Lebih panjang 8 detik dibanding Philadelphia-nya Parachute dan berhasil mengalahkan Philadelphia yang selalu menjadi lagu dengan durasi terpanjang di daftar putar lagu saya. Hehe.
Diskret merupakan sebuah proyek dari Ramon Ziegler dan James Varghese, dimulai saat keduanya masuk ke rumah tamu yang ditinggalkan di Pegunungan Alpen Swiss. Di sana terdapat beberapa synthesizer, mesin drum, dan beberapa barang lainnya. Kemudian mereka kembali dengan 4 lagu yang menjadi basis dari proyek mereka yang berfokus pada instrumental elektronik, salah satunya Odes.
Odes merupakan lagu pertama yang mereka buat, tapi pada prosesnya, selesai paling akhir. Mungkin itulah alasan keduanya mengakui bahwa Odes sangat berarti sebab melambangkan awal dari Diskret seperti dilansir dari laman XLR8R. Odes membuat saya rileks. Saat mendengarnya dan matamu terpejam, mungkin kamu bisa merasakan banyak bintang bercahaya di benakmu. Waktumu tidak akan terbuang sia-sia sekalipun lagu ini memakan waktu 7 menit, karena kalau boleh saya bilang, Odes ini masterpiece.
Kamu bisa membelinya di sini, dan streaming di Spotify.


2. A Fine Frenzy - Almost Lover

Source: http://juragi12.blogspot.com
Ini lagu lama yang tanpa sengaja saya temukan kembali. Singkat cerita, selebtwit yang tiba-tiba muncul di home saya mengatakan bahwa baginya, lagu ini lagu paling menyedihkan. Awalnya, saya tidak ngeh saat membaca penyanyi dan judulnya, tapi dirinya mengutip sedikit lirik pada bagian chorus.
Memori di otak saya seakan menarik saya jauh-jauh-jauh sekali ke belakang, membuka file lama yang barangkali sudah saya lupakan. Tiba-tiba saja saya menemukan nada, saya bersenandung pada sepenggal lirik yang ditulisnya. Malam itu di kereta, di perjalanan menuju rumah sepulang dari Surabaya. Tepat di malam yang sama, saya langsung menambahkan kembali lagu ini di daftar putar lagu saya, dan mendengarnya di perjalanan pulang itu.

3. Josh Bogert - Dad's Car /Aminium Music

Source: www.twitter.com/josh_bogert
Bagi saya musik intro bisa menentukan tertarik atau tidaknya saya dengan sebuah lagu. Namun, hal itu tidak berlaku pada lagu ini. Tanpa intro musik sekalipun lagu ini terdengar menyenangkan di detik pertama, begitu juga seterusnya. Cowok dengan nama asli Joshua Bogert ini tinggal di Vancouver dan lahir pada tahun 2000, lho! Wow. Lagu dengan aliran pop ini begitu ringan. Menceritakan tentang sepasang kekasih yang ingin menghabiskan waktu bersama dengan melakukan perjalanan yang jauh. Do you wanna run away?

4. Loote ft. gnash - 85% /WaveMusic

Source: https://www.musicalworld.mobi
Yang menjadi highlight pada lirik ini tentu seperti judulnya, 85%. Katakanlah kamu ingin tetap berhubungan dengan seseorang yang kamu sayang, kamu sudah 100% berusaha. Berbanding dengan usahamu, yang kamu dapat darinya hanyalah 85%. Hal itu juga dapat dilihat dari artwork lagu ini di mana satu sisi tampak sempurna, berbeda dengan sisi lainnya yang terlihat tidak utuh. Unik juga, kan?

5. knowuh & khareel - smile, love /Aminium Music

Source: https://www.kkbox.com
knowuh atau yang memiliki nama asli Noah (know-uh) merupakan penyanyi yang berbasis di Olympia, Washington. Pada usia 11 tahun, ayahnya mengenalkannya pada FL Studio 11, sejak itu dirinya tertarik untuk membuat musik elektronik melalui komputernya. Diakuinya, dirinya bisa menghabiskan waktu berjam-jam di kamar untuk menciptakan musik yang cocok di telinganya. Menginjak usia 14 tahun, dirinya mulai bermain instrumen gitar, membuat dirinya kini menciptakan musik dengan berbagai jenis dari pop hingga indie.
The Flower Shop merupakan proyek knowuh dan khareel yang rilis pada Agustus 2018. Berisikan 2 track yaitu smile, love dan days. Meski begitu, mereka juga sering membuat musik bersama misal pada lagu glad, soft kisses dan banyak lagu lainnya yang dirilisnya melalui Soundcloud.
Satu hal yang pasti, lagu ini begitu menenangkan. Sepanjang lagu kamu disuguhkan dengan suara perempuan dan laki-laki yang begitu menyatu, rasa-rasanya chemistry yang mereka tawarkan melalui lagu ini begitu nyata, ditambah liriknya yang manis. Kalau kamu telah menemukan seseorang yang tahu baik buruknya dirimu, menemukan arti dari "she/he is the one", mungkin kamu mau dengar lagu ini berdua dengannya.

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment