Makna Lagu: John Mayer - I Guess I Just Feel Like

Hari ini John Mayer baru saja merilis single terbaru berjudul I Guess I Just Feel Like. Mayer memang  tidak pernah main-main dalam menciptakan lagu baik itu dari lirik, maupun musik. Bila dibandingkan dengan New Light, mungkin kamu tidak percaya bahwa I Guess I Just Feel Like dinyanyikan oleh musisi yang sama.
Lagu ini terdengar lebih dewasa, di saat yang sama juga terasa menenangkan, terlebih kamu disuguhkan dengan permainan gitar solo Mayer di akhir lagu. Selain itu, yang saya suka, saat Mayer mempromosikan lagu ini di akun Instagram-nya, dirinya mengatakan: Honesty is the best technology.




#tbt I spent August and September of last year looking for new songs and couldn’t find them. I was thinking with my ultra-aesthetic brain, trying to write the tune I thought would be cool to have via sequencers, plugins and effects. (That process has worked barely enough times to still make it justifiable.) Then one day in October I decided I’d had just about enough of myself, and that’s always when the good stuff starts. I got two inexpensive microphones, a 1” tape machine and took out my Martin D-45 guitar. “I’m just going to do what I do,” I remember thinking. And then it all clicked again. I wrote most of “I Guess I Just Feel Like” in an hour. It’s great luck that my friend @daniel happened to stop by to take some photos the day this song was written. The moral of the story? Honesty is the best technology. I can’t wait for you to hear it tonight.
A post shared by John Mayer 💎 (@johnmayer) on

source: https://www.pluspremieres.nz
I guess I just feel like
I guess I just feel like
Nobody's honest
Nobody's true
Everyone's lying
To make it on through
I guess I just feel like
I'm the same way too

Lagu ini dibuka tentang bagaimana pada dasarnya semua orang pernah berbohong, semua orang pernah berpura-pura baik-baik saja padahal sebaliknya. Setiap orang punya alasan melakukannya, begitupun Mayer, dia mengakui ituI'm the same way too.

I guess I just feel like
Good things are gone
And the weight of my worries
Is too much to take on

Dirinya merasa seperti berada pada titik terendah dalam hidup, tidak tahu apa yang harus dilakukan, merasa tidak punya tujuan, dan merasa seperti tidak ada lagi hal baik di dunia inigood things are gone, dan hal itu diiringi dengan rasa khawatir yang menjadikan hidup terasa semakin beratand the weight of my worries is too much to take on.

I think I remember
The dream that I had
This love's gonna save us
From a world that's gone mad
I guess I just feel like
What happened to that

Kemudian dirinya berusaha meyakini, mencoba mengingat dan percaya pada kata-kata 'andalan' yang sering orang katakan, bahwa selama masih ada cinta dan kasih sayang, itu akan menyelamatkanmu dari dunia yang "gila" ini. Tapi... bagaimana dengan 'cinta' itu, sekarang?

I guess I just feel like
The joke's getting old
The future is fading
And the past is on hold

Meski begitu, tidak mengubah kenyataan bahwa  baginya, dunia jadi terasa datar. Hal-hal yang dulu menyenangkan, kini terasa biasa ajathe joke's getting old. Masa depan terasa samar entah bagaimana, dan masa lalu selalu saja mengikuti.

But I know that I'm open
And I know that I'm free
And I'll always let hope in
Wherever I'll be
And if I go blind I'll still find my way
I guess I just felt like
Giving up today

Alih-alih putus asa dan menutup diri, dirinya justru bersikap terbuka. Meyakini bahwa seberat apapun kehidupan yang dilaluinya, akan selalu ada harapan. Pun jika dirinya benar-benar putus asaIf I go blind, dirinya akan tetap berusaha melewatinya―I'll still find my way. Pada akhir lagu ini, Mayer menegaskan, apabila kamu tengah lelah dengan kehidupan, berhenti sejenak itu perlu.


Bagaimana lagu ini menurutmu?

CONVERSATION

4 Comments: