recherché! #11

Memasuki bulan Agustus, di sela-sela Praktek Kerja Lapangan di suatu badan pemerintahan, saya masih saja menyempatkan waktu untuk menulis ini. Hahaha. Untuk itu, seperti biasanya saya mau rekomendasi lagu bagus yang rasa-rasanya jarang orang tahu. Langsung aja, ya!

1. PAVANE - ppp /WOGN

Source: https://pavane.bandcamp.com
Pertama kali saya lihat lagu ini di home Youtube, saya tertarik untuk dengar karena judulnya unik! PAVANE merupakan proyek dari Damien Tronchot yang berasal dari Paris, Prancis. Saya tidak tahu apa maksud dari nama PAVANE yang dimaksud oleh Damien. Tapi dari informasi yang saya dapat, pavane merupakan sebuah tarian yang berasal dari Italia, musik yang mengiringi tarian tersebut juga dinamakan pavane, dengan tempo yang lambat.
Selain PAVANE, ppp juga memiliki arti tersendiri. Berdasarkan informasi yang saya temui pada OnMusic Dictionary, p (tunggal) dinamakan piano yang memiliki makna "soft" dan ppp merupakan turunan darinya, berupa singkatan dari pianississimo, yang berarti memiliki komposisi yang lembut, lebih lembut dari pp (pianissimo), tapi tidak selembut pppp (pianissississimo). Hal itu berlanjut sampai pppppp yang memiliki sebutan pianissississississimo dan dikatakan "as soft as possible."
ppp ini terdapat dalam EP-nya yang bertajuk pppp yang rilis pada tahun 2016. Woah! Keren, ya. Bagaimana musik bisa begitu terasa kerennya, bahkan bagi orang awam seperti saya. Hehe. Seperti pengertiannya, ppp ini memiliki warna suara yang lembut dan enak banget untuk didengar, terlebih memang ppp hanyalah suara musik. Easy listening!

2. Elina - Here With Me /Koala Kontrol

Source: www.presave.tweematic.com
Kali pertama saya mendengar lagu ini, saya langsung jatuh cinta sesaat mendengar suaranya. Perasaan saya berkata bahwa saya harus follow Elina! Saya harus dengar musik-musiknya yang lain. Dulu, kalau boleh, saya pengin punya suara seperti Vanessa Carlton atau Breanne Duren, tapi sekarang Elina masuk dalam daftfar saya. Hehehe. Padahal sampai kapanpun itu tidak mungkin, ya.
Elina merupakan seorang penyanyi sekaligus penulis lagu asal Swedia. Pada interview-nya, Elina menggambarkan "Here With Me" sebagai pengingat untuk tidak memikirkan masa lalu atau khawatir tentang masa depan, sebab hal-hal penting sedang terjadi sekarang.

3. Elina - Wild Enough /Koala Kontrol

Source: www.crownnote.com
Berbeda dengan Here With Me yang rilis Agustus 2018, Wild Enough ini lebih dulu rilis pada April 2018, single perdana dari perempuan dengan nama asli Elina Stridh ini. Elina juga salah satu penulis lagu What Lovers Do milik Maroon 5, lho. Pada interview-nya, Elina mengatakan bahwa Wild Enough merupakan ungkapan atas keraguannya dalam bermusik, sebab Wild Enough merupakan debutnya sebagai penyanyi. Ketika awalnya dia takut dipandang sebelah mata, lagu ini mendorong sisi "liar"nya untuk melakukan lebih baik dan berani menjadi dirinya sendiri. Dalam lagu ini, emosi Elina juga terasa banget. Khususnya saat Elina mengulangi lirik, "Am I wild enough? Wild enough.. Wild enough for you?"

4. Loote - Wish I Never Met You /WaveMusic

Source: www.genius.com
Loote merupakan duo grup asal Amerika, terdiri dari Jackson Foote dan Emma Lov Block. Nama Loote diambil dari gabungan nama mereka yaitu (L)ov dan F(oote). Lagu ini terdapat dalam albumnya bertajuk single yang rilis pada Juni 2018. Seperti judulnya, lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang berharap tidak pernah bertemu seseorang yang kini justru sulit dia lupakan. Mengusung musik dengan aliran pop, lagu ini justru asyik banget wei. Parah. Haha. Kalau kamu mengalami hal serupa, kamu harus dengar ini!

5. JOHN.k - OT /IndieAir

Source: www.songwhip.com
JOHN.k merupakan penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika. Mengusung musik dengan nuansa RnB, lagu yang rilis pada September 2017 ini merupakan singkatan dari Overtime. Bagi saya, lirik pada lagu ini sebenarnya seperti kisah ala-ala novel atau film romance yang biasa kamu jumpai. Hehe. Menceritakan tentang laki-laki yang bertemu dengan seorang perempuan. Laki-laki ini tertarik dengan perempuan tersebut, tapi sayangnya perempuan ini tidak akan tinggal lama dan akan segera pergi dari kota. Untuk itu si laki-laki menghabiskan banyak waktu dengan perempuan tersebut. Pada akhir lagu ini sih liriknya begini, "Maybe you'll back someday. I know it's cliche but for now I'mma need you to stay."

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment