recherché! #7

Halo, kembali dengan segmen recherché. Pada tulisan ini, seperti sebelumnya, saya akan merekomendasikan lagu yang kiranya jarang orang tahu, yang pastinya bagus dan layak banget untuk didengar. Langsung aja, ya!

1. UTAH - When People Come Together /WOGN

Source: https://www.musicbed.com
UTAH merupakan sebuah gagasan yang mengkolaborasikan dua produser Jared Logan dan Zane Callister. Nama UTAH sendiri diambil dari negara bagian Amerika Serikat yang juga merupakan tempat asal mereka. When People Come Together adalah track yang terdapat pada EP-nya bertajuk This Is For You yang rilis pada Agustus 2017. Setelah saya dengar WPCT, kemudian dengar Mirrors (berasal dari album yang sama) di Soundcloud.
UTAH seperti hanya ingin memperdengarkan musik mereka yang berkualitas tanpa adanya lirik/nyanyian, dengan gaya instrumental. Tidak heran mengingat keduanya adalah produser. Sepanjang lagu, kamu disuguhkan dengan musik mereka yang bikin eargasm, aesthetic, kekinian, dan tentunya tidak kalah keren!

2. Ed Patrick - Eyes On You /Heartbeat

Source: https://www.musicbed.com
Ed Patrick adalah seorang penyanyi sekaligus penulis lagu yang kini berbasis di London, Inggris. Lagu ini tergabung dalam EP-nya bertajuk What You See yang rilis pada Mei 2017. Dengan menonjolkan musik akustik disandingkan dengan suara Ed yang lembut, lagu ini layaknya pengantar tidur sebab begitu menenangkan untuk didengar, begitupun lagu milik Ed yang lain. Selain versi ini, pada album yang sama juga terdapat lagu Eyes on You yang hanya berupa musik instrumental.
Anehnya, saat saya mendengarkan lagu ini, alih-alih fokus pada lirik yang dinyanyikan, musik yang dimainkan Ed justru membuat saya melamun pada tengah malam, atau ya... sembari memikirkan hal-hal lain.

3. The Hunna - Sycamore Tree /IndieAir

Source: https://www.airstudios.com/lee-slater/
The Hunna merupakan sebuah band rock asal Inggris yang terbentuk pada tahun 2015. Sycamoore Tree adalah single yang rilis pada 2016, masuk pada albumnya berjudul 100 yang rilis tahun 2017. Ternyata butuh waktu hampir 2 tahun untuk bahas lagu ini. Tentu bukan karena tidak bagus. Tapi saya rasa karena saya tidak punya kata-kata bagaimana mendeskripsikan lagu ini dengan baik, untuk bisa dimengerti oleh pembaca.
Saya punya alasan "aneh" bahwa saya suka banget putar ulang lagu ini untuk lebih menikmati musik mereka pada detik 0:00-0:25. Yup, sespesifik itu. Bukan karena keseluruhan lagu ini tidak bagus. Saya tetap dengar lagu ini dengan normal. Hanya saja bagian itu entah kenapa bagus sekali. Adanya efek percikan air pada intro lagu ini, membuat lagu ini cocok didengar saat hujan, pun memecah keheningan di malam hari.
Saya pernah menonton di Youtube, The Hunna menyanyikan lagu ini bersama dengan penonton, membuat saya merinding.


4. Chelsea Cutler - You're Not Missing Me /Koala Kontrol

Source: https://genius.com
Perkenalkan Chelsea Cutler, penyanyi, penulis lagu, sekaligus produser asal Westport, Connecticut. Pertama kali saya tahu Chelsea dari lagunya yang berjudul Your Shirt yang merupakan single dari debut EP-nya bertajuk Snow in October, yang saya dengar dari kanal Youtube IndieAir. Sejak itu, saya mulai menyukai musiknya. Menurut saya Chelsea punya warna suara yang unik, yang cukup memberi kesan bagi pendengarnya, untuk kemudian hanya dengar suaranya sudah tahu bahwa itu adalah Chelsea Cutler.
Lagu You're Not Missing Me begitu personal sebab mencerminkan perjuangan dirinya dengan isu mental health seperti yang dinyatakan olehnya melalui laman Genius. Lagu ini mengisahkan bagaimana dirinya merasa khawatir akan hubungan yang dijalaninya. Seperti dirinya selalu berpikir yang terburuk atas hubungan mereka. Akankah dirinya benar-benar seperti apa yang diinginkan kekasihnya. "....how my anxiety causes me to sometimes assume the worst, regardless of what the situation actually is in reality."

5. Jari Jari - Tentang Aku, Kamu, dan Kita Berdua /IndieWave

(Ilustrasi)
Yey, terakhir adalah lagu dari Indonesia. Saya gak tahu banyak mengenai mereka atau bagaimana nama Jari-jari dipilih oleh mereka, hanya saja lagu ini langsung saya suka kali pertama dengar. Saya perlu apresiasi lagunya yang super enak. Dibalut dengan musik yang sederhana, juga perpaduan suara perempuan dan laki-laki yang pas, membuat lagu ini semakin terdengar syahdu, juga romantis.

CONVERSATION

2 Comments:

  1. sepertinya mesti tambahain payung teduh deh hahahaha yang mari bercerita juga enak di dengar

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak suka payung teduh aq hehe. tapi makasih untuk masukannya hahaha

      Delete