recherché! #6

Selamat tahun baru!

Telat kah aku ucapinnya? Hihi. Intinya, sih, gak ada kata telat untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik, ya, kan. Semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik bagi kita semua.
Tentu gak ada salahnya memulai tahun dengan musik yang baru pula. Seperti lagu-lagu yang akan aku rekomendasi ini. Jadi langsung saja!

1. Josh Mac - whenicalledyou /Koala Kontrol

Source: https://joshmacmusic.bandcamp.com
"Eh, kok judulnya nyambung semua?"

Hehe memang tertulis begitu. whenicalledyou adalah single dari penyanyi Josh Mac aka Joshua MacGregor yang rilis pada Desember kemarin. Setelah sebelumnya merilis Burn Away sebagai debutnya pada Agustus lalu. Pada interview-nya, cowok kelahiran New Zealand ini mengaku bahwa dirinya sudah memulai menulis lagu sejak usia 11 tahun. Lagu ini ditulisnya tepat setelah dirinya putus dengan seseorang. Dirinya juga menambahkan lagu ini, alih-alih menceritakan hal menyedihkan atau berisi lirik-lirik untuk ngata-ngatain si mantan pasca perpisahan mereka, justru menceritakan tentang bagaimana dirinya menghargai mantannya for being a lovely girlfriend, katanya.
"I wanted to write a break-up song that was about moving on, and respecting the person you are no longer with. It was a way of me saying, 'I know it's over, but thank you for being a lovely girlfriend - I think I owe at least that to you.'" Duh, manisnya. Dengan begitu, hubungan berakhir dengan lebih damai, bukan?

2. Emily Warren - Hurt by You /IndieAir

Source: https://genius.com
Terlepas dari perannya sebagai penyanyi, perempuan kelahiran New York ini juga banyak menulis lagu untuk musisi-musisi terkenal yang barangkali lagunya ada di playlist-mu saat ini, seperti Boys-nya Charli XCX, If You See Her-nya LANY, New Rules-nya Dua Lipa, dan bahkan lagu-lagu hits dari The Chainsmokers, Sigrid, Khalid, Jessie J, juga Shawn Mendes. Wah! Jenius banget, ya.
Untuk lagunya sendiri menceritakan tentang kamu yang tengah menjalin awal hubungan dengan seseorang, tapi kamu merasa insecure dengan anggapan kalau-kalau hubunganmu bisa saja gak berhasil. Somehow, perasaan insecure kamu itu bikin kamu berpikir yang "terburuk", seperti sewaktu-waktu dia bisa nyakitin kamu, pergi gitu aja, atau cukup dengan bilang bahwa kalian gak bisa sama-sama. Sedang bisa jadi, itu hanyalah ketakutanmu semata. Diakui Emily, lagu ini mengisahkan tentangnya dalam menjalin awal suatu hubungan. Mengutip dari laman Genius, Emily menyatakan, "When you're falling in love with someone you are making yourself vulnerable, and when you're in a vulnerable position you can't help but picture the worst. This is what was happening to me at the beginning of the relationship."
Hmm.. Kita semua juga begitu, kok, Mba Emily. Apalagi kalau sudah cinta banget ya, kan?! Hahaha.

3. The Icarus Account - Favorite Girl

Source: https://genius.com/
The Icarus Account adalah sebuah band akustik yang berasal dari Florida, terdiri dari laki-laki bersaudara bernama Ty dan Trey Turner. Agak lucu mengingat aku baru rekomendasi lagu ini disaat lagu ini sudah begitu lama ada di hp-ku. Keinginan mereka untuk bermusik berawal saat keluarga mereka menonton konser McBride and The Ride yang memiliki aliran musik country saat mereka berusia 6 tahun. Merasakan perasaan yang luar biasa terhadap musik dan ingin melakukan hal serupa, membuat mereka mengikuti les musik piano dan diikuti dengan violin. Sampai akhirnya mereka mulai memainkan instrumen gitar pada usia 12 tahun dan memutuskan untuk fokus pada musik akustik.
Hal itu terasa jelas pada lagu-lagu miliknya seperti Favorite Girl ini, track pembuka pada EP-nya bertajuk Sunshine and Rain yang rilis tahun 2010. Lagu ini sederhana menurutku, baik dari musik juga liriknya yang penuh cinta dan tentu saja menyenangkan.

4. T. Rucira - When Jakarta Snows /Indiewave

Source: https://www.djarumcoklat.com
When Jakarta Snows adalah single sekaligus perkenalan dari penyanyi asal Jakarta, T. Rucira atau yang memiliki nama asli Talitha Rucira Gathi. Dengan tempo yang cenderung lamban diiringi suara gitar akustik sebagai pengiring atas lembutnya suara Rucira membuat lagu ini terasa dikemas dengan sangat pas.
Lirik yang disuguhkan layaknya sebuah puisi yang rasa-rasanya semua orang dapat merasakan hal serupa. Tak ayal mengingat film, buku, juga pengalaman orang-orang disekitarnya yang menjadi inspirasinya dalam menulis lagu ini. Lagu ini menceritakan perasaan cinta yang gak mengharapkan balasan. Bahkan bila Jakarta sampai bersalju sekalipun, perasaan itu akan selalu ada. Agak ironi sebenarnya sebab kalau sampai Jakarta bersalju, nyatanya itu menandakan akhir dunia, bukan? "What I meant by ideal is the love itself, not the love story." akunya seperti dikutip dari laman DjarumCoklat.

5. SYML - God I Hope This Year Is Better Than The Last

Source: https://www.musixmatch.com
Aku masih gak tahu bagaimana pengucapan SYML. Dieja, kah? Haha.
Pertama kali aku mendengar lagu ini saat malam hari. Aku mendengarnya langsung dari kanal SYML yang kebetulan muncul di home Youtube-ku. Mendekati akhir tahun, rasanya judul yang tertera juga merupakan harapanku pada tahun yang akan datang. Perpaduan musik juga suara 'dreamy' Brian pada lagu ini begitu pas. Terlebih selagi mendengar, aku disuguhkan visual yang... ah sempurna, lah. Apalagi kalau kamu dengar lagu ini pada malam hari. Ketika semua orang tengah terlelap, hanya ada dirimu, lagu ini, dan sebuah harapan, untuk tahun yang baru ini tentunya.

CONVERSATION

2 Comments:

  1. Coba lagu Homogenic yg judulnya Seringan Awan, Destiny atau Utopia.

    ReplyDelete