Makna Lagu: Coldplay - The Scientist

Aku pernah buat pernyataan bahwa mengagumi Coldplay adalah suatu kewajaran. Dalam arti, gak perlu diragukan lagi, atau gak perlu di heran-heran-kan, sebab musik mereka keren, liriknya luar biasa bagus dan harus kuakui, music video mereka selalu berhasil buat aku takjub karena visualnya yang epic. (Aku gak bilang suatu keharusan, karena bagaimana juga, selera gak bisa dipaksain)
Sebenarnya aku gak mau terkesan sok pintar, sok ngerti, sok tahu dengan menginterpretasikan makna lagu seperti yang aku lakuin sebelum-sebelumnya. Dengan rendah hati, aku nyatakan bahwa aku hanya merasa perlu melakukan itu, karena terkadang aku butuh makna dari lagu yang aku suka, jadi aku berharap tulisan-tulisanku sedikitnya bisa bermanfaat bagi yang ingin tahu. Pun aku menulis untuk diri sendiri, untuk mengingatkan aku betapa indahnya makna dari sebuah lagu, juga sebagai bentuk dukungan kecilku terhadap musik-musik mereka. Hehe.
Maka kali ini, dengan bantuan riset yang sudah kulakukan, aku ingin membedah makna dari lagu The Scientist milik Coldplay, lagu mellow nan romantis untuk sebuah penyesalan.
source: genius.com

Come up to meet you
Tell you I'm sorry
You don't know how lovely you are
I had to find you
Tell you I need you
Tell you I set you apart

Diawali dengan cerita tentang seorang lelaki yang meninggalkan wanitanya, atau telah menyakitinya. Dia tahu telah melakukan kesalahan, ia menyesal dan ingin bertemu wanitanya untuk minta maaf dengan tulus, karena ia sadar wanita tersebut adalah satu-satunya yang dia butuhkan.

Tell me your secrets, and ask me your questions
Oh, let's go back to the start

Dia ingin wanita itu mengatakan kepadanya apa yang selama ini dia pendamtell me your secrets, dan menanyakan segala pertanyaan yang dia punya kepadanyaand ask me your questions, sehingga ia bisa menjawab juga menjelaskan semuanya, berharap dengan begitu mereka bisa mencoba memulai kembali semuanya dari awal.

Running in circles, coming up tails
Heads on a science apart

Mereka terjebak dalam situasi yang mana mereka selalu mengalami hal (masalah) yang samarunning in circles, menimbulkan kesalahpahaman sebab mereka seringkali menarik kesimpulan masing-masing, dalam arti mereka gak pernah berhasil untuk menyelesaikan masalah dengan saksama.

Nobody said it was easy
It's such a shame for us to part
Nobody said it was easy
No one ever said it would be this hard

Dalam menjalani suatu hubungan, mempertahankan bukanlah hal yang mudah, terlebih dalam kasus ini diceritakan mereka tengah terjebak dalam situasi yang buruk, dan baginya berpisah bukanlah pilihan yang tepat.

Oh take me back to the start

Ketika penyesalan itu datang, kita sering berharap bisa memutar kembali waktu, memulai kembali dengan keadaan yang baik.

I was just guessing at numbers and figures
Pulling your puzzles apart

Layaknya seorang ilmuwanthe scientist, ia mencoba menganalisis hubungan mereka, mencoba menemukan beberapa kemungkinan yang akan membantunya untuk dapat memahami wanitanya.

Question of scientist, science and progress, do not speak as loud as my heart

Aku kurang paham bagian ini, tapi agaknya sebagai kiasan yang merujuk pada kalimat sebelumnya, bahwa apa yang ia lakukan tidaklah benar-benar berhasil, karena sekeras apapun ilmu pengetahuan berusaha menjelaskan tentang perasaan manusia, tetap tak akan mampu.

Tell me you love me, come back and haunt me
Oh and I rush to the start
Running in circles, chasing our tails
Coming back as we are

Dalam situasi seperti ini, seringkali kita berandai dia kembali, berharap dirinya akan berkata bahwa dirinya masih mencintai kita. Kemudian timbul perasaan ingin cepat menyelesaikan segalanya sebelum benar-benar terlambat, memulai kembali dari awal dan merasakan kembali rasanya dicintai juga mencintai sepenuhnya.

Dengan kata lain lagu ini menceritakan tentang seorang lelaki yang begitu menyesal karena dia telah mengacaukan segalanya, dia ingin menghapus kesalahan besar yang dia buat dan kembali ke hubungan pada awalnyaseperti music video yang menginterpretasikan hal tersebutkembali ketika semuanya masih baik-baik saja, ketika wanita tersebut masih mencintainya. Dan kini ia bersumpah akan memberikan segalanya agar dapat kembali seperti dulu.

Whoa, sepertinya amat sangat romantis kalau lagi berantem dinyanyiin lagu ini.

Terkutuk lah kau, Coldplay!

CONVERSATION

33 Comments:

  1. Lagu nya sama kaya kisah asrama gw ke dia kwkw .mungkin harus minta maff untuk menemuinya walaupun itu sejauh.mungkin

    ReplyDelete
  2. Dikasih lagu ini dong sm mantan:(

    ReplyDelete
  3. Sedangkan ku ajak dia bertemu pun sudah tak mau..

    ReplyDelete
  4. Makna lagu ini benar benar dalam, dan terima kasih untuk mba sifa sudah menginterpretasikan liriknya.

    ReplyDelete
  5. Kmren dikirim lagu ini ma "someone" ..dan gk ngomong apa2..gk ngerti maunya apa

    ReplyDelete
  6. kalau maafnya udah ga d terima lagi, wwlaupun sudah bertemu , apa mungkin harus selesai ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. terkadang, ada pertanyaan yang gak perlu dijawab. karena dasarnya, kita sendiri tahu jawabannya. pertanyaan mas ini, contohnya.

      Delete
  7. Pacarku muterin lagu ini, sengaja. Lagu romantis dan heartbroken = regret song, menurut ku.. Seketika, yang aku pikirkan tentang dia yg muterin lagu ini tuh karna mantannya. Pikiran kolotku muncul seperti itu, kalo dia teringat mantannya. Tapi sebelumnya dia happy aja sama aku. Jadi maksud dia apa coba, ketika aku ngira dia teringat mantannya. Sedangkan, lagu ini bukan lagu happy love.karena menurutmu, lagu ini tuh Regret song

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gak tau kamu atau bagaimana hubunganmu dan pacarmu saat itu. tapi menurutku, barangkali, dia gak ada maksud apa-apa, dia putar lagu ini, hanya karena lagu ini bagus. itu aja. karena bagiku pribadi, gak selamanya lagu yang kuputar, atau lagu yang kudengar itu menggambarkan situasiku. kadang aku hanya memang senang dg lagunya.

      Delete
  8. Orang kaya kmu enaknya diajak ngopi sambil curhat :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah, ganti sama teh deh mba, dia gak suka kopi katanya. Sama kentang gorengnya 1 pke saus tomat.

      Delete
  9. Hi terima kasih, sayang nya kisah cinta ku kebalikan dari lagu ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, kah, jadi bagus? Kalau memang kebalikan dari lagu ini...

      Delete