recherché! #3

Aku bingung harus memulai tulisan ini dengan sapaan halo, hai, atau apa. Hahaha. Ibarat beauty vlogger, selalu punya sapaan khasnya. Terlebih aku akan melakukan ini setiap bulan. Menurut kamu gimana?
Gak penting, lah, ya. Yuk, langsung aja!

1. This Wild Life - Better With You

Source: http://thiswildlifeband.com
Sebenarnya aku suka semua track di album Clouded. Tapi berhubung lagu inilah yang pertama kali kudengar dari TWL, dan menggugah hasratku untuk punya lagu-lagu mereka lebih banyak lagi, jadi aku akan rekomendasi ini.
Menurutku, lagu itu bisa datang dari mana saja, sekalipun di tempat dan waktu yang gak terduga. Seperti itulah aku mengenal TWL, sebuah band akustik rock asal California dengan formasi Kevin Jordan pada vokal dan gitar, juga Anthony Del Grosso pada gitar.
Hari itu, aku diperkenalkan dengan teman-temannya pacar (baca: kini mantan) aku, kemudian ada salah satu temannya yang putar lagu lewat speaker kecil, aku langsung suka. Merasa gak perlu nanya, aku diam sejenak, aku pasang kuping dan tangkap lirik-lirik yang dinyanyiinhal yang biasa aku lakukan kalau dengar lagu bagus di tempat umumkemudian aku jadiin keywords di Google, ketemulah lagu ini. Barangkali mereka gak tahu apa yang diam-diam aku lakuin saat itu, kecuali mantanku yang saat itu langsung aku tanyakan, dan mengiyakan pertanyaanku. Ah, kalau dipikir-pikir sekarang, kenapa saat itu aku gak langsung aja tanya padanya, ya?
Menurutku track yang ada pada album ini cenderung easy listening! Lagu ini menggambarkan seseorang yang merasa lebih baik ketika bersama orang yang dia cintai, pun kamu jadi merindukan hari-hari kebersamaan kalian. Kamu pun akhirnya sadar nih, gak ada yang bisa mencintai kamu seperti dia, juga gak ada yang bisa mencintai dia seperti kamu.
Saat tur album ini, Jakarta menjadi salah satu kota yang didatangi This Wild Life, lho. Sayang sekali saat itu aku belum mengenal mereka. Padahal aku benar-benar menyukai album ini.

2. AuraCoustic - Filosofi Kenangan /Indiewave

AuraCoustic
(Ilustrasi)
Kebetulan beberapa hari ini aku baru men-subscribe kanal Youtube Indiewave dan ketemu lagu ini. Aku merasa lagu-lagu yang diunggah berbeda dengan Indielokal. Barangkali karena nama-nama musisi yang dipublikasikan baru bagiku, juga judul-judulnya yang, ah, sulit kujelaskan.
Sejujurnya aku gak tahu band ini berasal dari mana. Tapi berdasarkan informasi yang kudapat dari seseorang yang telah komentar di bawah (tulisan ini telah kuedit), anggota band ini merupakan mahasiswa asal timur yang menempuh pendidikan di Yogyakarta, sebab itu musik video tersebut diambil di Malioboro, Yogyakarta. Ditambah, mereka juga tergabung dalam 1 organisasi broadcasting di kampus mereka yang bernama kineclub317.
Lagu ini menenangkan sekali. Melalui lagu ini aku sepertinya mengerti alasan mereka menamakan band mereka AuraCoustic. Hihi sok tau banget. Tapi untuk kalian pecandu-pecandu kopi, morning vibes, penikmat kenangan, lagu ini cocok banget! Akan bikin kalian mensyukuri hidup, dan mulai tergugah untuk menjadi lebih baik.

3. Senar Senja - Untukmu Yang Baru Saja Diwisuda

Source: https://www.musixmatch.com
Untuk kalian yang baru saja diwisuda, coba dengar lagu ini. Satu hal, gak perlu ikut nyanyi! Hanya perlu diam, dengar, resapi lirik, juga musiknya. Kalau perlu dengan mata terpejam. Hehe.
Dari lagu ini, kalian harus bersyukur, hargai diri kalian sendiri atas apa yang sudah kalian perjuangkan selama ini, hingga sampai pada titik bahagia di mana kalian bisa membanggakan orang tua, lebih dekat lagi untuk menggapai masa depan, impian kalian. Agak sedih sebenarnya, dengan musik yang sederhana nan indah, lagu ini seperti membawa kalian pada suasana yang gak karuan. Senang karena "akhirnya lulus!" tapi satu sisi kalian sadar, setelahnya kalian dihadapkan dengan kehidupan yang lebih serius, sulit, dan penuh tanggung jawab. Gak lagi seperti masa-masa sekolah, masa-masa kuliah. Kalian sudah melewati tahap itu, dan kini semua itu hanya menjadi kenangan, yang barangkali akan sangat kalian rindukan saat tua nanti, duduk menatap langit sore, merindukan hal-hal yang telah jauh di belakang.

4. Breanne Duren - Catapult

Source: https://genius.com
Ini menjadi satu-satunya lagu yang aku rekomendasi dari Breanne. Meski ada beberapa yang kusuka, tapi aku punya prinsip yang mungkin terdengar gak masuk akal. Hehe. Kalau ditanya bagaimana tahu Breanne Duren? itu jawaban yang mudah dan akan selalu kuingat. Kakakku, yang melabelkan dirinya sebagai hoot owl, datang ke konser Owl City di Jakarta 2011 lalu. Saat itu, salah satunya Adam membawa Breanne Duren, penyanyi asal Minneapolis. Pulang dari konser, kakakku jadi dengar lagu-lagu Breanne, perempuan bersuara malaikat yang begitu cantik, ikut jatuh hatilah aku dengan salah satu lagunya.
Saat itu, aku tengah jatuh cinta dengan seseorang. Cie. Hahaha. Tepat SMP kelas 2, dan lagu Breanne yang 'itu' ibarat jadi soundtrack cintaku. Menggambarkan perasaan bahagia sebagaimana orang jatuh cinta. Semenjak itu, aku punya prinsip, hanya ingin menikmati lagu itu sendiri, lagu itu hanya menjadi milikku, menjadi kenanganku yang saat itu.. jatuh cinta dengan dia. Aku gak berniat beri tahu ke orang-orang, sekalipun kami sudah nyaman jalani hidup masing-masing. Sebenarnya agak geli ya menyebutkan kata 'cinta' berkali-kali, tapi begitu,lah, hehe. Memiliki cerita yang sama juga berasal dari album yang sama, Sparks, lagu Catapult ini sempurna!


5. Matt Nathanson - Come On Get Higher

Source: https://www.propermusic.com
Terakhir adalah lagu dari Matt Nathanson, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Amerika. Untuk kalian yang andai belum tahu Jango, Jango merupakan situs semacam Last.fm. Ya, kurasa. Aku punya kedua akunnya, tapi aku bermain Jango jauh sebelum Last.fm, karena memang aku main Jango sudah sangat lama, sebelum akhirnya menemukan Last.fm dan melupakan Jango sejenak. Di keduanya aku bisa menemukan lagu yang serupa. Jadi masih pada selera yang gak jauh beda. Dan kiranya setahun yang lalu, aku iseng main Jango lagi, dan aku menemukan lagu Matt. Aku langsung jatuh cinta bahkan beberapa saat setelah lagunya keputar. Aku juga suka dengan lirik lagu ini, "I miss the sound of your voice."

CONVERSATION

3 Comments:

  1. Sedikit masukan, lagu filosofi kenangan milik band AuraCustic. Lokasinya di Jogja bukan bandung, mereka semua mahasiswa asal timur yang menempuh study di kota yogyakarta... full video itu di buat di malioboro yogyakarta.. thx. 🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah. Kukira itu di Bandung huhu. Baik kuedit dan beri credit dari komentar, ya. Terima kasih banyak, loh, infonya. Aku memang gak banyak nemuin info tentang band tersebut. Bahkan lagunya gak tersedia di Spotify, kalau aku gak salah?

      Delete
  2. Oh yah sedikit yang saya tau tentang Band AuraCoustic mereka juga tergabung dalam 1 organisasi broadcasting di kampus mereka yang bernama kineclub 317

    ReplyDelete