Makna Lagu: Mandy Moore - Cry

Aku menulis ini sebab kemarin temanku putar lagu Only Hope-nya Mandy Moore, percaya, deh, aku langsung keinget film A Walk To Remember, film romantis sepanjang masa yang selalu berhasil buat aku nangis. Hahaha! Ada tiga soundtrack A Walk To Remember kesukaanku, Only HopeCry, dan Someday We'll Know, semua itu dinyanyikan oleh si cantik, Mandy Moore, yang juga berperan sebagai Jamie Sullivan. Tapi di kesempatan ini, aku ingin bedah makna lagu Cry. Sama halnya dengan lagu Iris, Cry dapat dimengerti hanya jika kalian udah nonton filmnya, dan nonton music video-nya sampai selesai!
source: genius.com
Film A Walk To Remember sendiri menceritakan seorang bad boy bernama Landon Carter (Shane West), yang harus menerima hukuman untuk jadi seorang pengajar di sekolah anak-anak. Di sana dia bertemu Jamie, perempuan lugu juga "nerd" penggila galaksi, segala hal tentang bintang, luar angkasa, yang kebetulan satu sekolah dengan dia. Kejadian demi kejadian, buat mereka jatuh cinta.
Kalau kalian nonton filmnya, pasti setuju bahwa Jamie punya pengaruh besar membuat Landon menjadi orang yang lebih baik. Aku yakin, Landon menemukan sesuatu yang berbeda, yang cuma dia temui di diri Jamie, yang membuatnya jatuh cinta, yang secara gak sadar merubah dirinya menjadi orang yang lebih baik pula. Digambarkan Jamie adalah anak seorang pastor, keluarga mereka punya prinsip-prinsip yang lumayan memengaruhi hubungan Jamie dan Landon awalnya. Bahkan saat Landon beraniin diri izin ke ayah Jamie untuk ajak Jamie pergi malam hari jadi sesuatu yang menggemaskan!
Astaga, hanya dengan ngomongin filmnya, saat ini aku jadi pengin nonton! Apa aku nonton dulu baru lanjut nulis lagi, ya? Hahahahaha.
Sebenarnya cerita ini banyak lika-liku. Selain akhir ceritanya, bagian yang buat aku sedih adalah saat Landon depresi ketika dia tahu selama ini Jamie mengidap penyakit leukemia, segala cara dia coba, sampai akhirnya dia rela ke rumah ayahnya, yang mana hubungan mereka sebenarnya sedang gak baik, benar-benar memohon kepada ayahnya yang seorang dokter untuk bantu sembuhin Jamie. Banyak hal yang Landon lakuin untuk Jamie, begitupun sebaliknya, yang gak mungkin aku sebutin satu persatu.
Digambarkan Jamie punya 'daftar keinginan', hal yang pengin dia lakuin selagi menjalani hidupnya, sebab ia tahu umurnya gak panjang, seperti berteman dengan orang yang dia gak suka, punya sebuah tato, menikah di tempat ayah-ibunya menikah dulu, dan berada di dua tempat dalam waktu bersamaan! Meskipun semua itu mereka lakuin, tapi kesukaanku adalah ketika Landon ajak Jamie untuk berdiri di suatu jalan, menempatkan kaki di sisi yang berbeda, yang mana itu adalah perbatasan antara kota satu dan kota lainnya, yep, berada di dua tempat dalam waktu bersamaan!
Ibarat aku, nih, diajak untuk berdiri di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi. Hahahahahaha.
Oke, cukup! Karena tujuanku menulis ini adalah untuk bahas lagu Cry, penjelasan diatas aku harap bisa jadi gambaran sedikit sebelum kita mulai bahas lagunya. Ah, ya, perlu aku tekankan bahwa kalian harus nonton music video-nya juga, sebab itu menggambarkan kelanjutan dari kisah mereka.

I'll always remember
It was late afternoon
It lasted forever
And ended so soon
You were all by yourself
Staring up at a dark gray sky
I was changed

Di akhir film, setelah kepergian Jamie yang baginya begitu cepat, Landon berdiri sendiri di tepian danau, menatap langit sore dibalut desiran angin, merindukan Jamie yang kini berada di surga bersama bintang-bintang yang begitu dia kagumi. Landon menatap langit, saat itu ia berkata, "Jamie saved my life. She taught me everything. About life, hope and the long journey ahead. I'll always miss her. But our love is like the wind. I can't see it, but I can feel it."

In places no one will find
All you feelings so deep inside
It was there that i realized
That forever was in you eyes
The moment I saw you cry

Dilihat dari music video-nya, sekalipun mereka gak lagi hidup bersama, kini Jamie menatap Landon dari surga. "In places no one will find" yang menurutku berarti adalah surga. Di sana, Jamie merasakan perasaan Landon yang begitu dalam, dia sadar Landon begitu mencintainya, hingga pada momen Landon menangis karena merindukannya, dia tahu itu, 'cause she still looks over him from heaven.


It was late in September
And I've seen you before (and you were)
You were always the cold one
But I was never that sure

Aku agak kurang paham bagian ini, but at the end of the movie he said they had a great summer and then she passed. Jadi aku pun berasumsi di salah satu scene di music video-nya, ketika Landon menonton kembali video kebersamaan mereka, aku rasa itu adalah yang ia maksud sebagai "great summer", kenangan terakhir mereka di akhir bulan September (akhir musim panas) sebelum Jamie meninggal―I've seen you before (and you were).

I wanted to hold you
I wanted to make it go away
I wanted to know you
I wanted to make your everything
All right

Sama halnya dengan Landon, Jamie pun masih sangat mencintai Landon. Lewat lagu ini, Jamie seakan tengah bernyanyi untuk Landon dari surga, dia ingin memeluknya, ingin menghilangkan rasa sedih Landon, ia ingin membuat Landon merasa baik-baik saja.

Romantis, bukan?

Aku suka dengan music video-nya, sebab punya relasi yang kuat dengan filmnya, juga benar-benar sebagai gambaran atas kelanjutan kisah mereka. Bisa kita lihat, sekalipun Landon menghabiskan waktu dengan teman-temannya, di sudut hatinya, ia merasa kesepian, ia merindukan Jamie, ia masih mencintai Jamie sama seperti ketika Jamie masih hidup, barangkali rasa cintanya justru lebih besar, apalagi ketika Landon seolah tengah menatap Jamie di angkasa lewat teleskop, teleskop yang ia buat untuk Jamie ketika Jamie tengah sakit, salah satu keinginan Jamie untuk punya teleskop yang besar.
Menariknya, ada scene ketika Landon keluar dari sebuah pertunjukan film berjudul A Walk To Remember, dengan Landon dan Jamie sebagai model pada posternya, ada yang mengatakan bahwa Landon memutuskan membagikan kisah cintanya untuk dijadikan sebuah film dengan satu syarat, Jamie dan dirinya sebagai model di poster tersebut, dengan itu ia selalu bisa mengingat kisahnya bersama Jamie. Aku rasa itu masuk akal. Itulah yang kita ketahui sekarang sebagai film "A Walk To Remember"

Berikut adalah percakapan yang kusuka di akhir film setelah Jamie meninggal, ketika Landon mengunjungi ayah Jamie;
I'm sorry she never got her miracle.
She did get her miracle, Landon. Her miracle was you.

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment