Makna Lagu: Goo Goo Dolls - Iris

Tepatnya sekarang, saya tengah putar lagu Iris dari Goo Goo Dolls. Setelah saya pikir, sudah lama saya mendengarkan lagu ini, dan selalu melabelkan lagu ini sebagai salah satu lagu kesukaan sepanjang masa, lagu yang tidak akan pernah dihapus dari playlist, lagu yang punya makna begitu dalam! Yah, macam-macam. Tapi tidak pernah sekalipun lagu ini saya bahas secara detail.
Maka melalui tulisan ini, saya akan coba "membedah" sedikit makna yang bisa saya pahami dari lagu ini. Meskipun dalam beberapa hal, hanya penulislah yang tahu makna sebenarnya yang tersimpan dalam lagu ini.

source: discogs.com
Iris merupakan salah satu lagu hit dari band asal Amerika, Goo Goo Dolls. Setidaknya lagu ini punya satu kesamaan dengan saya; lahir di tahun 1998. Hehe.
Iris diciptakan oleh John Rzeznik, untuk film berjudul City of Angels yang diperankan oleh Nicholas Cage, menceritakan malaikat (Seth) yang jatuh cinta kepada seorang dokter, Meg Ryan, menyerahkan keabadiannya sebagai malaikat agar dapat hidup dengan wanita yang ia cintai. Merelakan hidup abadi 'tanpa dosa' menjadi manusia biasa yang tidak luput dari dosa, melewati tahap kematian dan siap untuk menghadapi neraka nantinya. Tapi justru sebagai malaikat, dia tidak akan pernah bisa benar-benar mencintai wanitanya. Tidak bisa menyentuh ataupun memeluk seseorang yang ia cintai.

Untuk lebih paham makna lagu ini, akan lebih mudah ketika sudah nonton filmnya, karena itulah yang saya rasain. Tapi tidak ada satupun kata Iris yang disebut disepanjang lagu ini. Lalu sebenarnya apa itu Iris?
Dalam mitologi Yunani, Iris merupakan utusan dewa, Iris menghubungkan para dewa dengan umat manusia. Ia juga bertugas menyampaikan pesan. Kalau dikaitkan, karakter Nicholas sebagai malaikat cenderung sama dengan Iris!
Apa ini kebetulan?

Namun berdasarkan fakta dari interview Robbie Takac pada tahun 1999, judul Iris terinspirasi dari seorang penyanyi country bernama Iris DeMent, nama yang muncul ketika Rzeznik tengah membaca majalah LA Weekly, ia merasa nama itu sangat bagus. Wah, gimana, ya, perasaan si Iris? Namanya menjadi inspirasi lagu yang digemari begitu banyak orang, menjadi lagu sepanjang masa orang-orang, tidak hanya orang biasa, bahkan artis sekalipun.

Kalau diperhatiin, Iris punya suara gitar yang khas, terbilang sulit untuk ditiru, saya tahu itu ketika banyak sekali orang-orang komentar di Youtube, memperdebatkan chords apa yang Rzeznik pakai. Karena sekalipun mereka coba, suaranya tidak benar-benar seperti Iris. Dalam interview-nya, Rzeznik mengaku bahwa ia mematahkan dua senar pada gitarnya, kemudian mencoba memainkan nada, dan terciptalah lagu Iris. Wow!
source: youtube.com
And I'd give up forever to touch you
Cause I know that you feel me somehow

Mulanya mengungkapkan jati diri Seth sebagai malaikat yang tentu tidak bisa benar-benar menyentuh, memeluk wanita yang dia cintai, tapi dia merasa bahwa justru wanita tersebut bisa merasakan kehadirannya, juga memahami "dirinya".

You're the closest to heaven that I'll ever be
And I don't want to go home right now

Layaknya jatuh cinta, bagi Seth, Meg adalah surganya, sebagaimana sesungguhnya surga yang dia ketahui. Dan ketika dia berkata "and I don't want to go home home right now" adalah saat Seth merasa nyaman, bersama wanita tersebut adalah hal terindah yang pernah dia rasakan, membuatnya tidak ingin kembali ke kehidupannya dahulu (setidaknya untuk saat ini).

And all I can taste is this moment
And all I can breathe is your life
And sooner or later it's over
I just don't wanna miss you tonight

Dan yang bisa Seth lakukan hanya menikmati masa kini, karena dia tahu cinta mereka bisa berakhir kapan aja. Ketika dia berkata "and all I can breathe is your life", dia ingin menghabiskan waktu bahagia mereka sebaik mungkin sampai waktu kebersamaan mereka berakhir.

And I don't want the world to see me
Cause I don't think that they'd understand
When everything's made to be broken
I just want you to know who I am

Seth pun bersembunyi dari dunia, karena dia berpikir mereka semua hanya akan menghakiminya, dia tiak butuh pengakuan dari dunia, sebab dia tahu mereka tidak akan bisa mengerti keadaannya.
Sebagai malaikat, dia paham betul bahwa segala sesuatu di dunia ini fana. Suatu saat semua akan hancur, begitupun hubungan mereka, bisa karena maut yang memisahkan, terjadinya hari akhir, atau kenyataan pahit bahwa mereka memang tidak bisa bersatu. Sampai akhirnya itu terjadi, dia hanya ingin wanita tersebut tahu siapa dirinya.

And you can't fight the tears that ain't coming
Or the moment of truth in your lies
When everything feels like the movies
Yeah, you bleed just to know you're alive

Bagian ini adalah jawaban dari kegelisahan Seth sebagai malaikat yang ingin hidup bersama wanita yang dia cintai. Dalam film, dikatakan jika Seth ingin menjadi manusia seutuhnya, maka harus merasakan sakit, dalam arti sakit berdarah layaknya manusia.
Mengetahui "kesempatan" itu, dia begitu senang―and you can't fight the tears that ain't coming, ketika selama ini kepura-pura-annya "menjadi manusia yang jatuh cinta" bisa menjadi kenyataan―or the moment of truth in your lies, dia merasa bahwa segalanya seperti mimpi, menjalani hidup kedepannya bersama wanita yang dia cintai―when everything feels like the movies, hingga dia harus terluka hanya untuk tahu bahwa dia benar-benar hidup―yeah, you bleed just to know you're alive

Lirik yang puitis, bukan?

Namun, belum lama mereka menjalani kehidupan baru, berbagi cinta seutuhnya, Maggie mengalami kecelakaan, meninggalkan Seth yang kini sendirian. Sendiri menjalani kehidupan "manusia" yang telah dia pilih.
Pada salah satu momen paling mengharukan di film ini, ketika Seth dikunjungi oleh teman lamanya Cassiel (yang masih menjadi malaikat). Cassiel bertanya, jika kamu tahu apa yang akan terjadi (Meggie mengalami kecelakaan dan meninggal), apakah kamu akan tetap melakukannya? (menjadi manusia). Kemudian Seth menjawab:

"I would rather have had one breath of her hair, one kiss of her mouth, one touch of her hand, than eternity without it. Just one."


UPDATED:
source: Youtube
Goo Goo Dolls - "Iris" Behind-the-Track (10 Mei 2018)

CONVERSATION

22 Comments:

  1. Hi Sifa, suka deh sama review lagu ini. Kebetulan aku juga suka lagu ini, kita sama. Aku tau lagu ini udah lama tahun 2012/2013, tapi masih kesimpen lagunya di handphone dan masih sering aku denger. Kadang malah sengaja denger lagu ini karena enak aja. Lagu favorite sepanjang masa memang aaaahhh <3 Eh tapi aku tau lagu ini yang versi covernya Sleeping With Sirens sih :')
    Baru tau juga makna lagu ini setelah baca blog kamu :') jadi ngerti sekarang dan pengen nonton filmnya <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, Febie. wah kita sama, ya. aku setuju sm kamu, lagu ini enak di denger, terlebih punya makna yang bagus tanpa terkesan menye, yakan hehe. lagu favorit sepanjang masa bener bgt!
      mmm iya aku juga sering kok nemuin orang yang suka versi cover Sleeping With Sirens ketimbang versi aslinya, its ok. hehe
      soal filmnya, harus di tonton sih karena emang lagu ini menginterpretasikan film itu banget, pun aku baru paham lagu ini setelah nonton. hahahahaha XD
      aku seneng banget tulisan ini bisa sedikit membantu, terima kasih ya udah berkunjung :)

      Delete
    2. Enak banget lagunya buat di dengar sebelum tidur yhaa ,, nyenyak banget rasanya ,, saat memikirkan orang yang sedang kita taksir hieeeeeee 😂😂😂

      Delete
  2. Aku suka banget lagu nya setelah baca arti atau pun makna lagu nya ini wah making merinding Denver nya, tapi Yang pertama Aku download adlah versi nya Boyce avenue, tapi versi asli juga Gak kalah Keren, cuma seneng aja Sama suara nya Boyce avenue hehe

    ReplyDelete
  3. Jawaban Seth bikin merinding kak. Hai kak Sifa. Aku kelahiran 2000. Ini juga salah satu lagu favorit aku .Awal denger dari Bapak aku. Akhirnya minta lagu playlistnya bapak. Banyak lagu 80-90an yg aku suka. 😂 and ,makasih udh bedah makna lagunya. Jadi pen nonton filmnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, adik. hahaha. iya bikin merinding dan terasa manis di saat yang sama.
      sama-sama, ya. kasih tahu aku, ya, kalau udah nonton. hihi

      Delete
  4. Keren dari tk aku udah di jejali sama lagi ini tepatnya 1998
    Samapi sekarang tetap jadi lagu kesukaan

    ReplyDelete
  5. Lagu kenangan... lagu kesukaan kami berdua. Sekarang kami sudah berpisah. Semoga kau bahagia disana bersamanya.

    ReplyDelete
  6. Lagu terbaik sepanjang masa kak :)

    ReplyDelete
  7. Aku tau lau ni..sejak film nya mo beredar bioskop..ga pernah nonton sih waktu itu cuman pernah baca sinopsis nya dan..baru kemarin nonton film nya onlen😁..bagus..
    Ini lagu di mana aku masih abege belasan taun.sekarang dah emak emak😁🤭

    ReplyDelete
  8. Penafsiran yang bagus , tapi aku punya arti tersendiri untuk lagu ini . Lagu ini sebagai motivasi pembuktian diri .ibaratkan ulat yang tidak disukai namun saat menjadi kupu² lebih di pandangi . Sesama penggemar lagu ini follow ig aku ya @cremasoul :)

    ReplyDelete
  9. Aku nemu lagu ini di ad story nya ig, dimana aku sedang melihat kebahagiaan2 semu orang2 . kemudian lagu ini lewat begitu saja tanpa permisi. Langsung deh searching di yutub, (gak nyampe di puter karena paket internet ku yang sangat terbatas) sekedar untuk menyalin linknya dan di convert ke MP3 . Gak tau ini legal apa nggak, yang jelas semoga dapat pahala yang besar bagi yang ngajarin aku ngeconvert. Btw, pasti kalian yang suka musik iklan di sosmed kalian juga ttg promosi musik.. yakan? Yadong. Akhirnya karena aku nganggur jadi searching yang bedah lagu . Dan eeehh itu membawa ku ke blog si teteh Sifa yang cantik lagi. Terakhir kali aku baca blog teteh ttg lagu the saientis (gak bisa nulis inggris nya) terimakasih teh. Salam dari keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai, Indra. Seneng denger ceritamu gimana bisa dipertemukan dengan lagu Iris sampai mampir lagi ke blog-ku. Salam dariku juga, ya.

      Delete
  10. Mba-nya rajin upload :) thanks for ur sharing

    ReplyDelete
  11. Lagu fav aku juga nih, awalnya dgr dmn gt lupa, dan aku telusuri dr lirik yg aku inget dan dpt lah lagu iris ini, entah knp ky.y dlm bgt gt mkna lagu.y mskpn awalnya ga tau artinya.. Sampai aq tntn jg filmnya, ahh sad dong

    ReplyDelete
  12. Mau nanya judul filmnya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seperti yang sudah saya tulis di post, City of Angels, ya.

      Delete