recherché! #2

Halo! Aku kembali dengan pembahasan lagu-lagu indie, atau sekarang kita sebut saja sebagai lagu yang jarang banyak orang tahu dan orang-orang harus tahu lagu ini! Gemas, kan. Lagu bagus sayang banget gak dinikmatin. Malam ini aku sangat senang karena baru saja menemukan lagu yang saking kusuka jadi stuck di kepalaku. Itu juga yang membuatku menulis bagian 2 hari ini. Sempat kepikir akan memublikasikannya lagi pada tanggal 19 setiap bulannya, tapi aku sudah sangat tidak tahan!

1. NIKI - See U Never /Indielokal

Source: https://www.musixmatch.com
Awalnya aku agak gak menyangka bahwa lagu ini dinyanyikan oleh penyanyi asal Indonesia. Maksudnya gak ada alasan untuk meragukan kalau ini adalah lagu "orang barat". Dari segi musik juga suara. Tapi nyatanya, NIKI yang memiliki nama asli Nicole Zefanya adalah musisi perempuan berdarah Manado yang lahir di Jakarta. Dirinya pernah menjadi artis pembuka pada Red Tour-nya Taylor Swift di Jakarta tahun 2014, lho. Untuk kalian yang suka dengan musik RnB, kurasa kamu akan cocok dengan lagu-lagu NIKI.

2. Paper Aeroplanes - Painkiller

Source: https://paperaeroplanes.bandcamp.com
Perkenalkan Paper Aeroplanes. Band yang terbentuk tahun 2009 asal Wales, UK. Beranggotakan Sarah Howells dan Richard Llewellyn. Aku menemukan mereka dari blog seseorang. Aku tengah cari lagu-lagu yang jarang orang tahu, setidaknya begitulah yang juga diutarakan oleh penulis. Salah satunya lagu Lifelight milik Paper Aeroplanes. Selain suka lagunya, aku juga sangat suka namanya! Yang aku suka dari musik mereka adalah karena dominannya suara gitar. Bahkan beberapa lagu mereka diawali hanya dengan suara gitar, dan itu bagus banget! Itu juga yang membuatku tertarik dan cari-cari lagu yang lain. Ketemulah lagu ini, salah satunya.
Lagu cinta yang paling cocok didengar saat malam hari, atau saat hujan, atau saat hujan turun di malam hari. Hahahaha. Easy listening! Menceritakan seseorang yang mencintai dengan tulus, bersedia menjadi 'penyembuh' rasa sakit orang yang ia cintai. Sarah menyanyikan lagu ini dengan sangat lembut!

3. Josh Tobias - Summer Thing /WOGN

Source: https://genius.com
Dilansir dari laman Genius, Josh Tobias lahir di Long Island, New York. Ayahnya adalah penulis lagu sekaligus penyanyi yang populer pada era 80'an di Israel. Memiliki seorang ayah yang juga musisi, pada usia 10 tahun, Josh dibelikan sebuah gitar oleh ayahnya. Hingga pada kuliah, dirinya mulai menciptakan lagu dan merilisnya melalui Soundcloud sejak tahun 2012.
Lagu ini masih baru di playlist-ku. Aku dengar sesaat setelah WOGN unggah. Ada sedikit cerita lucu tentang lagu ini. Kali pertama kudengar, aku langsung jatuh cinta pada detik 0:03. Karena suka, tentu aku putar ulang lagunya, dan aku baru sadar, penggalan awal lirik pada lagu ini adalah, "Girl, I know you're falling," tepat di detik 0:03. Josh sepertinya tahu perempuan bisa langsung suka sesaat setelah mendengar lagunya. Dan kamu tahu apa? Komentarku dibalas dia! So happy!

4. Phoebe Ryan ft. blackbear - Forgetting All About You /Koala Kontrol

Source: https://www.musixmatch.com
Perempuan yang pernah berkolaborasi dengan The Chainsmokers melalui lagu All We Know ini memiliki nama asli Phoebe Holiday Ryan dan lahir tahun 1990 di Texas. Forgetting All About You adalah single yang dirilisnya tahun ini berduet dengan blackbear dan masuk dalam EP-nya yang bertajuk James (2017).
Kuakui, suara Phoebe cukup unik. Lagu ini sendiri menceritakan tentang dirinya yang berusaha melupakan seseorang sebab berakhirnya hubungan mereka. Seperti menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal konyol bersama teman-teman. Memang adakalanya melakukan hal-hal seperti itu perlu, kan? Seperti liriknya, lagu ini juga menyenangkan untuk didengar.

5. Lauv - I Like Me Better

Source: https://genius.com
Baiklah, sampai kita pada lagu yang membuatku ingin cepat menyelesaikan ini. Setelah di bagian 1 aku sudah memasukkan lagu Lauv, bagian 2 ini nyatanya memang kembali aku harus memasukkan lagunya! Hari ini aku memang sedang mencari lagu indie. Kemudian ada video dari Bernard Dinata yang meng-cover lagu ini. Hanya bermodalkan nama "Lauv" yang beberapa lagunya pernah kudengar, aku iseng putar. Bagus banget. Aku suka cover-annya!
Tentu aku langsung dengar yang orisinal. Gila, sih, asyik abis! Lagu jatuh cinta yang benar-benar terasa menyenangkan. Menceritakan seseorang yang menyukai dirinya ketika bersama seseorang yang ia cintai, karena saat itulah ia merasa lebih baik seperti liriknya, "I like me better when I'm with you." Lagu ini bikin eargasm. Aku nonton live Lauv, dirinya juga asyik banget saat membawakan lagu ini. Penonton bahkan sing along dan terasa menyenangkan kalau saja aku bisa di sana. Hahaha. Malam ini akan kuhabiskan dengan mendengar lagu ini!

CONVERSATION

0 Comments:

Post a Comment